Puskesmas Nanga Pinoh Jadi Percontohan

Meningkatkan Mutu Pelayanan 
Dengan Program Akreditasi Nasional dan Sertifikasi


Demikianlah salah satu judul Artikel Majalah SWARA MELAWI Edisi ke-2 yang terbit Januari 2013. Pada KOLOM KESEHATAN Majalah SWARA MELAWI hal. 43,44,45 ini disampaikan bahwa "untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat perkotaan dan era global, Puskesmas Nanga Pinoh menyiapkan atau melaksanakan program peningkatan mutu yakni melalui Akreditasi Nasional Puskesmas, dan Sertifikasi ISO 9000 (Standar Internasional)".

Khusus untuk Akreditasi Nasional Puskesmas, pada saat ini sedang dalam proses pelaksanaan. Dimana kegiatan tersebut menurut dr. Sien Setiawan telah diawali dengan Kaji Banding Team Akreditasi Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dan Puskesmas Nanga Pinoh sebanyak 6 orang ke Puskesmas Purwoharjo Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. pada November 2012. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukkan panitia Akreditasi Kabupaten dan panitia akreditasi Puskesmas Nanga Pinoh. Telah direncanakan pertengahan tahun 2013 sudah selesai proses penilaian Akreditasi oleh Dinkes Provinsi Kalbar, demikian dikutip dari majalah Swara Melawi.

dr. Sien Setiawan selaku Kepala Puskesmas Nanga Pinoh sendiri telah memiliki banyak pengalaman dalam meraih sertifikasi, dimana pada saat bertugas di perusahaan swasta yakni PT. Erna Djuliawati II, beliau selama 5 tahun telah berhasil meraih sertifikasi Ecolabel (Gabungan ISO 9000 dan ISo 14000), dengan hasil penilaian kesehatan klinik PT. Erna Djuliawati, score sangat memuaskan dari lembaga Ecolabel Indonesia dan score Exellent dari Smartwood Lembaga Sertifikasi Internasional. Ditambah lagi beliau sudah mengikuti pelatihan sertifikasi ISO 9000, ISO 14000, ISO 18000 (OHSAS SYSTEM), pelatihan Manajemen Puskesmas serta sudah mengikuti pertemuan konsolidasi Puskesmas ISO 9000 oleh Dinkes Provinsi Kalbar.

Berdasarkan track record  tersebut, semoga dr. Sien Setiawan mampu membawa Puskesmas Nanga Pinoh memperoleh predikat Akreditasi Nasional dan Sertifikasi,  dan tentu saja agar tujuan itu bisa tercapai semoga tercipta kerjasama yang solid antar staf puskesmas nanga pinoh, dan semoga semua rencana program dapat terlaksana dan tepat sasaran agar mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Nanga Pinoh meningkat sesuai standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan Sehingga menciptakan kepuasan di masyarakat kecamatan Nanga pinoh yang memerlukan pelayanan kesehatan. Trims.... Admin.







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS